Thursday, December 15, 2011

orang Jawa vs Coto Makassar

wah, kalo inget dua kejadian tadi pagi pas sarapan, saya jadi malu sendiri.. hari ini kami sarapan di warung Sudi Mampir Rapak, atas rekomendasi beberapa teman yang udah sering makan di situ.. di sudi mampir ini, selain menyediakan menu sarapan khas Banjar, nasi kuning, ada juga lontong sayur dan coto makassar..

lontong sayur pesenan mama fasih, dan nasi kuningnya pesanan mama dzaki..

coto makassar daging aja, gak pake jeroan.. padahal saya pesennya dagingnya campur jeroan aja.. tapi udah terlanjur, ya udah.. Rp.15rb.. ini adalah pertama kalinya saya makan coto makassar di warung atau rumah makan macam gini.. bukannya belum pernah makan, udah pernah beberapa kali di acara2 keluarga suami.. arisan atau pas lebaran..

ada kejadian lucu pas saya lihat mama sifa langsung makan cotonya, tau2 ketupatnya udah dia potong2 dan udah nyemplung di mangkoknya.. saya celingukan nyari alat buat membelah ketupat saya, saya terus nanya, "mbak mana pisaunya? aku mau motong ketupat nah.." wii, mama dzaki yang di sebelah saya langsung cekikikan "mbak, belum pernah makan coto makassar ya??" tanya mama dzaki, "emang kenapa?" pikir saya.. terus mama dzaki nunjukin kalo ternyata semua ketupat itu udah dibelah.. "oya?" dan pas saya ambil, ternyata emang udah dibelah, cuma bagian yang terbelah posisinya dibagian bawah naruhnya, jadi saya gak ngeliat kalo ketupat2 itu udah terbelah..

terus, saya ambil satu ketupat, ternyata masih laper, ya udah saya ambil lagi, tapi separuh aja yang saya makan, separuh saya kasih mama fasihi, gak abis kalo 2 biji.. satu ama setengah ketupat pas porsinya buat saya..

terus ada kejadian satu lagi yang lucu, pas mbayar, saya bilang ke orangnya "pak, saya sotonya satu, ketupatnya dua.." orangnya si biasa2 aja denger saya ngomong, dan langsung menjawab saya "iya, 15rb.." tau2 mama ocha yang ada di belakang saya cekikikan (emang kuntilanak cekikikan?) terus nanya juga "mbak belum pernah makan coto makassar ya??" hah?! pertanyaan yang sama sama pertanyaan mama dzaki, "iya, mbak, kenapa lagi?" tanya saya..

terus kata mama ocha "mbak, yang namanya coto makassar tuh, ketupatnya gratis, mau makan duakah sepuluh juga gak usah bayar.." hahaha, malunya.. abis kebiasaan si, makan di mana2 biasanya nasi putih juga kena charge sendiri.. trus mama dzaki bilang "ya gini ini kalo orang Jawa baru pertama makan soto makassar.." hahaha.. wah tau gitu tadi makan aja ketupatnya banyak2 ya.. xoxo

mama syifa, saya, sama mama ella, kompak pake baju garis2.. mama dzaki, mama sifa, mama ocha, sama mama olla juga kompak pake baju warna ungu.. wiii, padahal gak janjian lo.. :)

in other news

kemarin kami ada pengajian rutin.. dan kelas B Musdalifah yang kebagian tugas jadi pengisi acara.. tapi karena pengurus komite kelas B Musdalifah gak banyak yang datang, jadi kurang orangnya yang ngisi acara.. terus, pas mama anis lagi ngaji, tau2 mama ocha menunjuk saya untuk membacakan saritilawah.. wah, boleh de, gak susah ini.. hehe

mendadak saritilawah
himagifo balikpapan


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...