Sunday, January 27, 2013

Islam as a way of life

Faza dan Alif seusai mengikuti tes penerimaan murid baru di SDIT AL-Auliya I
Kemarin Alif mengikuti tes penerimaan murid baru di SDIT Al-Auliya I. Saya agak kuatir sebenarnya, moga-moga Alif diterima di sini. Soalnya dari pihak sekolah hanya menerima 30 murid baru tahun ini. Sementara jumlah pendaftar hampir tiga kali lipat dari quota. Ya, moga-moga aja keterima, karena dari TK kecil udah sekolah di sini, jadi pihak sekolah bisa berbaik hati meluluskan Alif. huehehehe

Tujuan tes ini sendiri sebenarnya adalah untuk mengobservasi kemandirian anak. Jadi bukan semata-mata kemampuan baca tulis hitung dan mengaji yang diutamakan. Dan saya gak tau, semandiri apa anak saya kalo di sekolah.

Sementara anak-anak sedang melakukan serangkaian tes di ruangan di atas, para orangtua juga mendapat nomor antrian untuk diwanwancara oleh pihak sekolah. Saya dapat no 34, not bad-lah. Saya kemarin pas banget yang mewawancarai adalah Kepala Sekolah di ruang wawancara 3. Pertanyaan pertama yang diajukan Bu Kepsek adalah "Kenapa si kok pengen Alif sekolah di Auliya Bu?" hmmm, pertanyaan yang sama seperti pas tes penerimaan murid TKIT Al-Auliya 2 tahun lalu. Dan saya juga menyiapkan jawaban yang sama "Saya pengen Alif menjadi seorang muslim sejati Bu." ciyee... Secara emak bapaknya muslim bala-bala. Sholat masih suka apa ya, istilah orang Banjar belang kambingan. hehehe.. Mendengar jawaban saya, Bu Kepsek langsung bilang, "Subhanallah, iya ibu, memang itu adalah tujuan kami di sini, agar anak-anak menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihah, tidak menunda-nunda sholat, setiap hari membaca Qur'an, dan pastinya berakhlaq Islami"

Kami bukanlah keluarga yang sangat religius, jadi saya pikir saya butuh sekolah dengan lingkungan yang sangat Islami yang sangat dibutuhkan anak saya, ustad dan ustadzahnya ngemong ke anak-anak dan pastinya akan membuat anak saya merasa nyaman belajar dan tidak tertekan.

Mungkin karena dari TK kecil udah di sini, Alif sendiri gak pernah pengen sekolah di sekolah lain. "Pokoknya Alif maunya di Auliya." dia pernah bilang begitu. Dan itulah yang jadi kekuatiran saya, kalo-kalo Alif gak diterima di sini. Di Balikpapan sebenarnya ada beberapa SD Islam Terpadu denga sistem full day school seperti Auliya. Tapi pertimbangan biaya dan jarak, membuat Auliya selalu di hati hehehe. Sekolah lain MasyaAllah mahalnya.. Ampuuun.

Selamat menikmati hari libur ya.. Saya ada rencana untuk menghadiri Peringatan Maulid Nabi di Masjid At-Taqwa hari Ahad ini jam 9 pagi. xo


2 comments:

  1. saya inget dulu pernah ikut training kepemimpinan yang berdasarkan islam, ketika ditanya kenapa agamanya islam, banyak yang menjawab "karena saya terlahir islam, dan orang tua saya islam" ternyata jawaban itu hampir sama semuanya, tapi belum menemukan sendiri islam itu apa. nah sekarang saya kalau ditanya kenapa islam? jawab saya "islam is a way of life" postingan emak mengingatkan saya lagi ke moment itu. thankyou :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mak karryna.. it's true, Islam bukan saja agama, tp Islam sebagai jalan hidup. <3

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...