Wednesday, December 07, 2011

Nasi Tumpeng ala Pecel Famili II

hari ini ada special project di pecel family, nasi tumpeng.. seumur2 baru kali ini saya ikut menghias nasi tumpeng.. orangtua saya di Malang sebenarnya cukup sering ngadain selamatan dan bikin nasi tumpeng macam gini, cuma, saya gak pernah bantuin bikin.. kalo tadi saya ikut mendandani sedikit nasi tumpengnya..

{foto salah angle, pusing ngeliatnya hehehe}

dalam budaya jawa, nasi tumpeng yang berbentuk kerucut melambangkan tangan yang merapat, berdoa dan memohon kepada Tuhan dan harapan agar derajat kehidupan kita semakin tinggi dan sejahtera.. nasi putih berarti segala yang kita makan harus berasal dari sumber bersih dan halal.. cabe merah di ujung nasi tumpeng berarti nyala api yang memberikan penerangan atau menjadi tauladan bagi orang lain..

lauk-pauk yang lain pada nasi tumpeng juga memiliki filosofi, sambal goreng ikan teri melambangkan kebersamaan dan kerjasama dalam kehidupan.. sayur urap2an melambangkan kesuburan dan kesejahteraan.. telur melambangkan bahwa manusia diciptakan Allah dengan fitrah yang sama, hanya ketakwaan yang membedakan..

ayam ingkung ala Pecel Family II, ayam jantan yang dimasak utuh melambangkan manusia dalam menyembah Allah harus dalam keadaan khusyuk dan hati yang tenang.. dalam budaya Jawa, menyembelih ayam jago juga diartikan menghindari sifat2 buruk, yang dilambangkan oleh ayam jago, antara lain, sombong, mau menang sendiri, merasa paling benar, dan tidak setia terhadap anak dan istri..

sekian sekilas info.. xoxo



2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...