Monday, August 08, 2011

Dunning Fee Mega Visa Mencekik Saya.. eeegh!!!

hahaha, dalam keadaan tercekik saya masih bisa ketawa, Alhamdulillah, semua saya syukuri aja.. saya adalah pengguna cc mega visa, dan saya bukanlah nasabah yang bermasalah awalnya, sampai saya tau bahwa selama hampir setahun menjadi nasabah yang selalu membayar cicilan mega visa saya tepat waktu ternyata saya kena biaya tambahan yaitu dunning fee atau denda karena keterlambatan membayar cicilan yang jatuh temponya tiap tanggal 27..

dan masalah dunning fee ini justru saya ketahui setelah saya komplain ke bank mega untuk ke-4 kalinya untuk menanyakan dan mengkorfirmasi mengenai tagihan yang tidak pernah sampai ke rumah.. dari awal jadi nasabah cc, saya tidak pernah menerima billing sama sekali, dan saya gak sekali aja datang ke bank mega untuk mengurus masalah tagihan yang tidak pernah datang ini.. tapi selalu cuma bisa ketemu cs, dan disuruh mengisi formulir untuk diisi biodata saya dan suami sebagai nasabah dan alamat utuk mengirimkan tagihan.. tapi tetap tagihan tidak pernah datang..

dan pertama kali suami saya datang ke bank mega dengan itikad yang sangat baik adalah kira2 setahun yang lalu saat kami akan pindah ke Tanjung tabalong di Kalimantan Selatan.. waktu itu suami saya bermaksud memberitahukan pihak bank mega bahwa suami saya sudah tidak bekerja lagi di PT.P dan pindah ke PT.R di Tanjung, sebenarnya tidak terlalu berhubungan karena dari awal pembuatan cc mega visa ini, suami saya sudah menggunakan alamat rumah sebagai alamat penagihan dan bukan alamat kantor, walaupun proses pembuatan dan proses2 yang lain dilakukan di kantor lama suami saya oleh sales mega visa..

dan kemudian saya mulai menggunakan cc tersebut dan tiap tanggal 27 suami saya mulai disms dari bank mega untuk membayar tagihan cc mega visa dengan minimum payment sekianratus ribu rupiah.. dan biasanya saya langsung mentransfer melalui atm mandiri.. dan seperti itu kejadiannya sampai beberapa bulan, sampai suami mendapat cuti rutin tiap 3 bulan, dan kami pulang ke Balikpapan.. dan di Balikpapan, suami saya menanyakan ke orang rumah ada tagihan atau surat apapun gak dari bank mega? dan ternyata tidak pernah ada surat apapun dari bank mega yang ditujukan untuk suami saya.. akhirnya suami saya menanyakan hal yang sama ke kantor lama suami saya, walaupun udah gak bekerja di situ lagi, siapa tau tagihannya dialamatkan ke kantor lama suami saya.. tapi ternyata tagihan dari mega visa yang dimaksud juga tidak ada.. akhirnya suami saya datang lagi ke bank mega untuk melaporkan hal ini, bahwa tagihan cc mega visa tidak pernah sampai ke alamat kami.. dan di kali ke2 ini proses yang dilakukan suami saya sama dengan proses sebelumnya, ke cs kemudian mengisi formulir biodata lengkap dan yang paling penting adalah alamat penagihan.. dan begitu lagi (sampai kami udah pindah lagi ke Balikpapan lagi) dan kami datang lagi ke bank mega untuk ke-3 kalinya dan begitu lagi prosesnya..

sampai beberapa bulan yang lalu, saya lupa (kelupaan) dan gak sengaja gak mentransfer cicilan mega visa saya, sampai saya ditelpon sendiri oleh cs-nya, dan saya kaget saat mengetahui minimum payment yang harus saya bayarkan bulan itu sooo fantastic nilainya.. saya tanya csnya kok banyak banget ya, emang utang saya berapa si, perasaan udah nyicil setahunan kok gak lunas2, beugh!! ternyata saya juga kena dunning fee yang udah menumpuk dan terus dibebankan kepada saya pada tagihan berikutnya.. dan akhirnya saya datang lagi ke bank mega untuk ke-4 kalinya dan menanyakan langsung ke cs-nya mengenai dunning fee ini.. dan ternyata saat saya melakukan pembayaran cc mega visa melalui atm mandiri pada tanggal jatuh temponya tanggal 27, dana yang saya masukkan tersebut membutuhkan waktu pengalihan dari bank mandiri ke bank mega sekitar 3-4 hari, jadi bisa dibilang saya membayar tagihan cc mega visa saya selalu melewati tanggal jatuh temponya.. dari situ saya mulai kena dunning fee.. hal semacam ini belum tentu semua nasabah mengetahuinya..

dan yang lebih membuat SAYA SANGAT KECEWA KEPADA BANK MEGA adalah, semua ini, keterlambatan saya dalam membayar cicilan cc mega visa saya adalah KARENA TAGIHAN CC MEGA VISA saya YANG TIDAK PERNAH SAMPAI ke tangan kami.. gimana mau bayar tepat waktu, cs telponnya paling cepat tanggal 26, saya cuma tau minimum payment yang harus saya bayar, tanpa tahu detail transaksi yang saya lakukan.. terus begitu saya transfer ternyata baru masuk ke bank meganya 3-4 hari kemudian ya jelas sekali saya kena dunning fee lagi.. kalau dihitung2 udah setahun lebih saya kena dunning fee.. pantas aja utangnya gak lunas2.. minimum payment-nya cuma nutup dunning feenya aja, itu pun belum semua.. harusnya nasabah yang kena dunning fee itu yang udah menerima tagihan secara rutin, tapi tetep terlambat membayarnya..

dan hari ini saya akan datang lagi ke bank mega untuk ke5 kalinya, dengan itikad yang sangat baik untuk melunasi semua utang cc saya dan menutupnya selama-lamanya, tapi tetap dengan catatan "saya tidak mau membayar dunning fee-nya" karena ini salahnya bank mega tagihan gak pernah nyampe ke saya, saya disms kalo udah jatuh tempo dan akhirnya saya kena dunning fee.. masa' kalah sama tagihan internet yang cuma 100rb.. tagihannya rutin tiap bulan datang.. :/

saya mengkhususkan membaca doa pembuka hati pagi ini, semoga Allah melapangkan dadaku, melepaskan belenggu2 dari lidahku, agar orang2 di bank mega mau mendengar dan mengerti perkataanku.. AMIN, if you're reading this, doakan saya juga ya.. :)



20 comments:

  1. Temen saya juga gak pernah dpt tagihan, sdh komplen via emel dan telpon namun gak ada tanggapan yg jelas...

    Sedangkan saya sendiri, langsung saya tutup pada saat pertama kali terima kartunya, soalnya limitnya kecil buanget! :D

    ReplyDelete
  2. hahaha.. jadi kalo limitnya gedhe malah mau ya?? wah tapi harus ekstra hati2 ya kalo gitu.. :)

    ReplyDelete
  3. Billing Bank Mega emang selalu datang terlambat...ada ajaa alesannya, masa nasabah ga dihubungi kl memang billing ada halangan utk sampai ke rmh..yah jangankan dtg ke rmh, ke kntor aja jg lama bgt nyampenya itu billing. Tagihan sama dunning fee ga jauh beda, bikin sewot aja bayarnya. Pernah 2 bulan berturut2 ga dapet billing, masa mesti nasabah yg ngejar2 dan tanya kenapa?
    Mau rubah alamat billing dr kntor ke rumah aja ribet banget.

    ReplyDelete
  4. tagihan terakhir saya bulan mei kemarin, nyampe tanggal 31, padahal jatuh tempo tanggal 27. untung saya udah minta dicetakin tagihan pas tanggal 13, jadi tagihan nyampe atau nggak, saya udah bayar. :)

    ReplyDelete
  5. Saya juga mengalami hal yang sama tagihan jatuh tempu tanggal 10 yabg saya bayarkan tanggal 10 dikenakan dunning fee 50.000 dan interest 3.500, setelah saya browsing apa itu dunning fee ternyata bukan hanya saya yang mengalami dan sangat dirugikan dengan caranya bank mega mendapatkan keuntungan extra lewat nasabah, saya malas utk menelphon contact centre lebih baik akan langsung saya turup saja cc bank mega, mohon bank mega menghentikan cara caranya yang sangat metugikan nasabahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. capek memang kalo ngomongin tagihan cc bank mega, mending kita aj yg ngalah minta billing ke cs, yang penting pastikan cicilan kita udah masuk pas tgl 27 atau sebelumnya. :)

      Delete
    2. sama aja repot dong...mending gak pake,...saya mengalami hal sama di atas langsung saya tutup cc saya.

      Delete
  6. penipuan ini namanya kalo sampai tagihan kredit dari bank mega tidak kunjung datang..!! hati2

    ReplyDelete
    Replies
    1. pihak bank mega bakal tetap ngotot kalo billingnya nyampe ke kita. bahkan mereka menunjukkan nama penerima billing tsb, pdhl nama yang mereka perlihatkan bener2 ngawur, nama sodara bukan, tetangga juga bukan. keliatan banget kalo dibuat2. >_<

      Delete
  7. Saya baru pertama pakai mega visa ini. tagihan pertama tdk pernah smp ditangan saya. Tagihan kedua datang dan sy dikenakan dunning fee + interest charge (pdhl surat tagihan sebelumnya tdk pernah ada) kemudian sy telp customer care setelah menanyakan bbrp hal, akhirnya diketahui bahwa tagihan sy bulan lalu ada di kotak surat kantor sy sesuai info kurirnya (alamat penagihan dialamat kantor)anehnya, kantor sy tidak pny kotak surat, kotak surat siapakah itu??? jadi sekarang sy udh ilfeel sm mega visa ini. sy berencana akan tutup segera sblm ada keterlambatan tagihan & biaya dibebankan oleh cutomernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tutup aj, cari bank provider cc yang lebih bonafit. pernah ada kasus, pengguna cc bank lain, billing gak nyampe, dan akhirnya dia kena denda keterlambatan jg, tp karena dia terlambat byr gr2 billingnya gk nyampe, pihak bank bersedia mengembalikan denda yang udah dibayarkan sm nasabah. harusnya itu jg yg dilakukan bank mega, kalo si nasabah telat bayar gr2 billing gak nyampe. :)

      Delete
  8. Saya adalah salah satu dari sekian banyak nasabah cc mega visa yang juga terkena dunning fee, billing saya nyampai tanggal 24, jatuh temponya tanggal 22, sya hub cs katanya dendanya bisa dihapus dengan melaporkannya pada saat billing tagihan bulan depan sudah diterima. Karena saya sudah banyak baca2 kasus mega cc di internet saya cma ketawain aja mbak cs nya, saya malas mau bilang apa2 daripada tenggorokan saya kering, saya iyakan saja. cuma saya bilang ke mbak cs sudah berapa lama kerja di mega cs dia bilang sudah lama.. trus saya timpalin lagi: mbak kok betah ya kerja di Perusahaan besar tapi sangat tidak Profesional.. Jangan2 semua karyawan mega ini sudah ketularan "Tidak Profesionalnya".. Ok mbak terimakasih atas pelayanannya, bulan ini saya mau lunasin semua tagihan cc mega saya dan sekalian saya tutup ya mbak.. (mbaknya cuma bengong).. Menurut saya 2x keterlambatan sudah cukup untuk menilai perusahaan seperti mega cc tidak profesional, dan kalo kita bekerja dengan tenaga yang tidak profesional ... capek de... Goodbye Mega Visa. (Trims mbak makarti prasetyo sharing roomnya..semoga tulisan saya bisa menjadi pertimbangan untuk nasabah lainnya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi juga mbak udah mau sharing jg di sini.. <3

      Delete
  9. Terimakasih mbak markati atas detail kasusnya, ini malah jadi pelajaran buat kami, terus terang share ini berharga sekali. Saya pun sudah bolak balik komplain ke cs, bahkan lucunya sekarang malah tagihan dikirim dalam 2 versi yang keduanya kena biaya admin :D dasar CC paling aneh.

    ReplyDelete
  10. mau bayar tagihan tadi siang, lah ada dunning fee, pembayaran tanggal 28 pas jatuh tempo kok kena dunning fee. ke CS, bayarnya pake apa? internet banking BCA. wah Pak itu pembukuannya sampe di bank mega butuh 3 hari. halah pengen mesuh, terus gimana nih? ya sudah peraturan. Yah, pindah ke ATM BCA, ambil duit. terus balik ke teller, bayar dah utk bulan ini. Bank Mega Perampok, Kapitalis Sejati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutup aja ccnya mbak. tapi pasti dipersulit juga kalo mau ditutup.

      Delete
  11. dunning fee emang gila masa tagihan saya cuma 231rb interest 4.500 DUNNING FEE 100rb. tak tutup ae wes gak jelas blas

    ReplyDelete
  12. Bank paling brengsek n merugikan nasabahnya itu.mencari keuntungan dgn cara ga halal..heran knapa blom ditutup itu bank ama BI..apa ownernya si anak singkong x ya,jdi blom ditutup wkwkwwk.

    ReplyDelete
  13. bagaimana cara menutup mega carefourr mba?

    ReplyDelete
  14. Mega emang paling payah pengelolaan kartu kreditnya, paling sering declined pun. Pernah ada Gerakan Tutup CC Mega di sebuah group Pengguna Kartu Kredit di facebook, lho! Saya yang sudah membayar tagihan melalui mekanisme autodebet tabungan tiap bulan pun masih was-was karena kadang autodebetnya telat. Bayangkan, keterlambatan itu mestinya kan tanggung jawab bank, toh mereka satu payung antara tabungan dan kartu kreditnya kok masih bisa juga telat autodebet.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...