Friday, October 22, 2010

Beloved East Coast: Soto Banjar di Balikpapan

Soto Banjar, who doesn't know? everybody does pastinya.. Soto Banjar emang spesial banget, masing2 orang punya cara sendiri untuk masak kuahnya, kalo orang Banjar sendiri biasanya untuk bikin kuahnya lebih kental, mereka mencampurkan susu kental manis.. Aku dulu pertama tahu kalau kuahnya pake susu kental manis, agak2 gak doyan gimana gitu.. Setahuku susu kental manis tuh buat es atau apapun but Soto.. Tapi lama2 biasa aja, aku makan aja, enak ini.. Di tempat neneknya suamiku, Tante2nya kalo bikin kuah soto Banjar malah lebih ekstrim lagi, udah dicampurin susu kental manis, margarin, ditambah lagi tumbukan kuning telur rebus.. Yucks, kental banget..

Kalau my mom in-law gak doyan juga pake susu, jadi kalo masak soto banjar kuahnya dibiarin encer2 aja kayak soto Jawa, tapi tetep dapet aroma khas soto Banjar dari rempah2 yang dipakai.. Rempah2 soto Banjar ini konon cuma ada di Kalimantan, namanya bunga lawang atau bunga sisir.. Kalau yang lain, kayu manis sama pala di Jawa juga banyak'kan..

Soto Banjar biasanya pakai ayam kampung disuwir2, kalo mertuaku biasa pakai ayam petelur yang tekstur dagingnya mirip sama ayam kampung tapi harganya lebih murah.. Terus pakai telur bebek dan pake perkedel singkong, yang gak doyan singkong ya pake kentang aja.. Terus disiram ama kuahnya panas2..

Soto Banjar Kuin Abdhu

Lupa sama tempat makan yang satu ini di Jl. A Yani Gn. Sari Ilir Balikpapan, padahal udah gak kehitung berapa kali makan di sini, tapi malah gak inget.. Di Balikpapan, warung yang satu ini termasuk warung yang super ramai.. Gak tau apanya yang bikin spesial, kalo rasa sotonya, menurutku ya biasa2 aja.. Tapi pelanggannya banyak banget, termasuk keluarga kami.. Kalo abis jalan2 bingung mo makan di mana, biasanya ujung2nya soto aja de.. Tapi jangan lupa sama sate ayam dan empingnya biar tambah maknyus.. :)

Nama Kuin itu mungkin diambil dari nama sungai (dan daerah di sekitar sungai ini) yang terkenal di Banjar selain sungai Barito, yaitu sungai Kuin dan merupakan nama pasar terapung yang terkenal, PasarTerapung Muara Kuin yang berada di muara sungai Barito, sungai Martapura dan sungai Kuin ini..



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...