Tuesday, July 15, 2014

Umckaloabo

Umckaloabo? What is it? Buat yang belum tau, belum pernah dengar seperti saya. Tapi sebelum ngebahas Umckaloabo, saya pengen terlebih dulu ngucapin Barakallahu fii umrik Papa Alif, my all-around pretty beloved husband, Happy 33th birthday. Semoga Papa selalu menjadi hamba Allah yang lebih baik dan lebih baik lagi. Thank you for always supporting me, walaupun istrimu ini super bala-bala, muciiiiiil dan keras kepala tapi Papa selalu bisa ngertiin Mama hehe.. And no matter how old you are, you will always be my HunnyBunny [HunnyBunny adalah panggilan kesayangan buat Papa Alif sejak kami pacaran over a decade ago] Ulang tahun suami saya kemarin sebenernya 14 Juli. Tapi karena sibuk ngurusin Alif yang lagi sakit. Jadi baru sekarang saya bisa meluangkan waktu untuk share something nice or not really nice here.

Jadi ceritanya saya ini ketinggalan berita tentang  Umckaloabo ini. Umkaloabo atau yang lebih populer disebut Pelargonium Sidoides adalah  tanaman sejenis geranium yang berasal dari Afrika Selatan, dan ekstrak akar tanaman ini telah digunakan oleh Suku Zulu di sana untuk mengobati segala macam gejala pada infeksi saluran pernafasan akut selama ratusan tahun.

Saya sebenarnya cukup familiar dengan beberapa macam obat herbal untuk beberapa macam penyakit. Tapi Pelargonium Sidoides ini saya baru tahu kemarin, pas diresepin obat batuk yang kandungannya adalah ekstrak P. Sidoides ini untuk Alif. Yang kemudian bikin saya penasaran adalah logo herbal yang ada di kemasan obat ini. Abis itu baru deh saya googling apa itu Pelargonium Sidoides ini.

Di pamflet obat batuknya Alif ini ada peringatan, tidak boleh digunakan bila ada kecenderungan pendarahan. Saya perlu nanya sama dokter nih kayaknya, karena saya gak mudeng sama sekali pendarahan apa yang dimaksud.

Alif ini gampang banget mimisan. Saya udah pernah konsultasikan ke dokter anak dan dokter THT soal sering mimisan ini, menurut dokter selama gak ada keluhan yang aneh2, cuma mimisan aja, hal ini dianggap normal. Dan bisa jadi faktor genetik. Kebetulan kakak suami saya dulu pas masih kecil bahkan sampai SMA juga masih sering mimisan. Jadi mungkin sering mimisannya Alif ini karena ada bakat dari budhe-nya.

Beberapa hari ini Alif mulai sering mimisan lagi, saya sempet kuatir mimisannya yang sekarang ini apa ada hubungannya sama penggunaan Pelargonium Sidoides ini. Atau kebetulan aja emang Alifnya lagi ga sehat, jadi sering mimisan lagi. Tapi untuk batuknya sendiri Alhamdulillah udah jauh berkurang. Kemarin batuk terus, gak tega dengernya, apalagi anak-anak kan susah banget untuk ngeluarin dahak. Saya sempet mikir yang penting batuknya sembuh, kalau seandainya mimisannya karena dipicu P. Sidoides ini. Tapi takut juga eh, kalau masih mimisan lagi, saya harus balik ke dokter lagi untuk minta penjelasan mengenai pendarahan yang disebutkan di pamfletnya.

Tetap sehat ya maaak.. Jaga kondisi badan apalagi lagi puasa kayak gini dan jangan sepelekan kalo ada orang bersin atau batuk di deket-deket kita.. xo

Syafakallahu Alif

Penampakan Pelargonium Sidoides [image from google]
Obat yang diresepin dokter [iklan lewat] :D
Happy Birthday Papa.. I carry your heart with me..
[photo hubby: DP BBM, gak punya foto terbaru hahaha]


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...