Thursday, June 16, 2011

selametan, kirim doa, tahlilan, or else..???

hari ini Kamis Pahing, besok berarti Jumat Legi, buat kalian yang bukan orang Jawa mungkin gak seberapa ngerti arti hari2 ini.. atau kalian orang Jawa tapi udah gak seberapa ngikutin adat Jawa seperti saya ini.. hwehehehehe.. tapi orang tua saya adalah Muslim Jawa yang taat beribadah kepada Allah tapi juga masih memegang teguh tata aturan Jawa yang kalo menurut saya pribadi sebenernya udah gak perlu dilakukan.. tapi... kalo yang dilakukan orang tua saya, bolehlah, karena memang gak ada unsur menyekutukan Allah, walaupun dilakukannya pada hari tertentu sesuai adat Jawa..

sebagai seorang anak yang dibesarkan dalam adat Jawa yang masih kental, selamatan tiap malam jumat legi udah gak asing buat saya.. tapi yang jadi bahasan saya sekarang adalah, kenapa si kok hari Kamis Pahing, malam jumat legi.. kalau dulu sebelum Islam datang, kayaknya selamatan hari kamis pahing emang udah dilakukan, tapi tujuannya untuk meminta kepada roh2 atau lelembut yang ada di sekitar masyarakat yang melakukan ritual tersebut agar tidak diganggu, biasanya juga dengan memberikan sesajen berupa makanan dan kembang, untuk persembahan kepada mahluk2 tersebut..

tapi kalau yang sekarang dan yang rutin dilakukan orang tua saya adalah "kirim doa", maksudnya adalah meminta kepada Allah agar dilindungi dan sekaligus mengirim doa untuk kakek dan nenek kami yang udah meninggal dunia, agar diberikan kelapangan di dalam kubur.. dan kenapa dilakukannya tiap hari Kamis Pahing, ya itu tadi karena orang tua saya masih memegang adat2 Jawa, dan kalau dulu makanannya dipersembahkan buat yang "aneh2", kalau yang ini makanannya dibagi2in ke tetangga2.. lumayan'kan buat makan malam.. oya, hari ini tadi bapak saya sama keponakan saya juga nyekar ke makam kakek, sekalian bersih2 makam.. wallahualam bishowab.. :)

my mom lagi nyiap2in berkat (istilah buat makanan yang dibagi2in ke tetangga2)
YUM!!


3 comments:

  1. lha aq tetanggamu tapi kok gak ikut dibagi2 yo????

    ReplyDelete
  2. tonggo kadohan han.. sing cidek2 ae kiwo tengen.. wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Aku ora kebagian??? eling tonggo po'o non... hehehehe...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...