Thursday, March 24, 2011

tour de "osed" Lamongan, my mom's birthplace

Lamongan yang tempat kelahiran ibuku ni bukan Lamongan as we know or Lamongan we thought it was.. Lamongan yang ini spesial, jauuuuuuuh banget, ndesone pokok'e notok mentok.. tepatnya di Dusun Puthuk Dungsugo, Desa Banggle Kecamatan Sukorame Kab. Lamongan.. desa ini dekat dan berbatasan dengan desa2 dari kabupaten yang berbeda, Kab. Jombang dan Kab. Bojonegoro..
jujur aja ya, daerah ini termasuk daerah yang aku bilang sering paceklik, tanahnya kering dan gersang.. rata2 penduduknya kerja jadi buruh tani, kadang mereka menanam padi, tapi lebih seringnya mereka menanam tembakau.. dan pas kami ke sana, juga lagi paceklik, tanaman tembakau yang mereka tanam pada rusak karena curah hujan yang terlalu tinggi, jadinya hasil panennya gak terlalu memuaskan.. kasian juga si..
makanya orang sana (terutama) yang di kampung ibuku pada banyak yang ke kota, jadi kuli bangunan atau kerja di toko2, apapun de yang bisa menghasilkan, daripada di kampung gak ada yang bisa dilakukan.. banyak juga yang njadiin anaknya tentara atau polisi, (adek sepupuku sendiri jadi tentara, dan beberapa temannya yang juga teman maen masa kecilku dulu) kalo gak jadi tentara ya jadi polisi.. atau yang gak pengen anaknya ngalamin latihan fisik yang keras (namanya juga militer) ya nguliahin anaknya di PT buat nantinya kembali ke desa dan jadi guru di sana..
aku gak tau apa ini, mungkin peternakan ayam di desa Banggle..
ibuku sama kakak dan adeknya..
yang lagi sama anaknya itu istrinya sepupuku yang jadi tentara, sepupuku sendiri pulangnya paling cepet sebulan sekali..
rumah2 tetangga, rumah2 di daerah sini memang masih Jawa banget, rumah joglo dari kayu.. ruang tamunya sangat luas gitu de, dan biasanya di ruang tamunya ada disediain kendi yang diletakin di tiang, kalo ada tamu yang haus tinggal ngglogok (itu ngglogok bahasa mana ya?) dari kendi.. hahaha
my playground ni..
tempat nyimpan jerami dan kayu bakar, cuma yang aku gak ngerti, itu jerami buat apa ya..?? masa' buat dibakar juga, au ah gelap.. =D
Papa Alif kepanasan di dalem rumah, niatnya ngadem di luar tapi wong gak ada angin juga.. =D
rumah paklek, dulunya rumah mbah tapi udah dibangun ni, atau lebih tepatnya udah dibedah.. hahaha


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...