Friday, December 10, 2010

wadai project dan kepuhunan

akhirnya berkesempatan moto2 pas bantu2 tetangga yang lagi mo dapet giliran tahlil rutin.. ini bukan kali pertamaku bantu2 di rumah tetangga, cuma baru kali ini aku nekad aja bawa kamera buat moto2 cara orang Banjar bikin kue yang unik2.. niat banget deh.. :D

karena ibu2 yang lagi ngumpul, apalagi yang lagi diulik makanan, jadilah ngomongnya ke mana2 sampai ngomongin "kepuhunan".. kepuhunan itu semacam kepercayaan atau mitos orang Banjar, atau kalau di Jawa disebut pamali itu kali ya, tapi kepuhunan lebih ke yang berhubungan sama makanan.. misalnya kalau kita pengen makan nasi kuning, kalau udah terlanjur diucapkan ya harus diturutin, kalau enggak, bisa celaka.. *ngeri* kepuhunan ini gak cuma dikenal di daerah Kalimantan Selatan, aku pertama kali dateng ke Balikpapan tahun 2007 udah pernah denger cerita2 seputar mitos kepuhunan ini, dan orang2 yang akhirnya ngalamin kecelakaan gara2 pengen makan sesuatu tapi gak keturutan.. *wacky!!* hahaha

makanya kalau aku lagi ngobrol2 sama siapa aja termasuk sama keluarga di Balikpapan, kalau udah nyangkut2 kepuhunan aku buru2 stop.. udah gak usah diterusin, mending gak percaya daripada ntar percaya malah terjadi hal2 yang gak diinginkan.. naudzubillah de.. buat aku, pasrah kepada Allah lebih penting.. jadi mo pengen makan apa aja kalau gak kesampean ya biasa aja, gak usah takut celaka..

makanya kemaren sempet ngalamin "culture shocked".. aku juga baru nyadarnya tadi, pas mama imay (yang punya hajat) bilang ke aku, makanya mama alip kalau di Banjar, kalau pengen sesuatu ambil2 aja, kadang saya lupa mau nyuruh ngambil, atau ngambilin.. daripada kepuhunan.. oooo rupanya begitu.. padahal aku udah mikir jelek aja ama anak2 temen2 alip yg suka ikut nimbrung ngambilin makanan di kulkas, aku pikir mereka celamitan, ternyata kalau kita dateng ke rumah mereka juga kalau kita pengen makan sesuatu ya ambil aja, daripada ntar celaka.. jangan sampai de.. :D

bilang mamanya ziah yang orang Klaten, iyo, wong Jowo iku kakehan pakewuh, halah opo maneh iki.. opo iku mbak? "sungkan2" kalau di Banjar gak usah sungkan2, mo makan apa, monggo.. daripada kepuhunan lo.. :D

the wadai project
bahan buat bikin wadai pare2, tepung ketan dan air daun suji..

ni dia pare2 yang udah dicetak.. kalau di Jawa ada mendut atau kalau di tempat asalku Malang disebut kue bugis.. cuma bedanya, kalau adonan mendut dipakein santan, kalau pare2 ini cuma air daun suji aja, jadi rasanya gak gurih kayak mendut, dan teksturnya juga lebih keras.. kalau mendut'kan lembek dan gurih.. *jadi pengen*

unik'kan nyetaknya pake mayang pinang.. makanya jadinya bisa kayak pare..
isinya juga sama sama isinya mendut, kelapa yang dicampur gula terus disangrai..
yang udah mateng, mirip pare'kan..? :D
I ate.. ni belum acara tahlilannya, udah makan2, ntar sore tahlil, perut sudah kanyang.. tapi paling2 aku di dapur aja bantu2 lagi.. tadi ke tempat mama imay belum sarapan, padahal udah masak.. sikaaattt!! laperrr... :D

yang ini namanya "PAKASAM", ini masakan aku baru pertama kali lihat, dan baru pertama kali makan.. dari ikan sepat kecil2 yang digoreng garing terus ada bumbu agak2 renyah kayak koya yang sesuai namanya, rasanya agak2 asam gimana gitu.. pas banget sama sayur bobornya yang seger.. :D



1 comment:

  1. isine blogmu...bikin lapeerrr...:P hahahaha...kpn2 bikinin ya...kl pas k mlg

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...