Thursday, October 14, 2010

Nipagin, Ni Paan Si? :))

Mi Goreng Pedas My Favorite one ^^
Ini pengawet yang lagi naik daun, gara2 kasus Indomie di Taiwan, gak usah bahas kasus Indomie-nya de, panjang.. Lagian aku juga termasuk "pemakan mi instan", yang penting gak berlebihan aja makannya.. Ni aku cuma mau ngomongin si Nipagin aja.. Apa si sebenernya Nipagin?? Cekidot!!
Nipagin adalah nama dagang untuk methyl p-hydroxybenzoate atau metil hidroksi benzoat yaitu senyawa ester metil dari asam p-hidroksibenzoat.. Senyawa ini merupakan bahan tambahan pangan senyawa turunan asam benzoat, yang berfungsi sebagai bahan antimikroba atau pengawet.. Senyawa ini sering juga dikenal dengan nama metil paraben..
Sebenernya secara alami, senyawa benzoat termasuk beberapa esternya terdapat pada buah-buahan, terutama buah cranberries.. Selain itu, senyawa benzoat secara alami juga bisa ditemukan pada jamur, kayu manis, dan cengkeh.. Untuk keperluan komersial, asam benzoat ini disintesis secara kimia dan kemudian diubah menjadi ester melalui reaksi esterifikasi, di antaranya menjadi metil hidroksi benzoat atau nipagin.. @_@ *gak mudeng* (sing nulis gak mudeng, gimana yg baca jiahahahaha)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...