Saturday, October 09, 2010

Kerajaan Kanjuruhan dan Kerajaan Singosari

Kalau kerajaan yang benar2 berpusat di kota Malang sendiri sebenarnya hanya ada dua, yaitu Kerajaan Kanjuruhan yang berpusat di daerah Dinoyo dan Kerajaan Singosari yang berpusat di daerah Bululawang, eh nggak ya.. ya di Singosari-lah.. hehehe.. Tapi Malang sendiri merupakan daerah kekuasaan dari 5 Dinasti kerajaan yang berbeda, yaitu Dewashima-Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan, kemudian diambil alih oleh Raja Balitung-Daksa-Tulodong Wawa dari Kerajaan Mataram Hindu, kemudian Mpu Sindok-Dharmawangsa-Airlangga-Kertajaya dari Kerajaan Jenggala (Kediri), lalu Ken Arok-Kertanegara dari Kerajaan Singosari dan yang terakhir di bawah kekuasan Raden Wijaya-Tumapel dari Kerajaan Majapahit (1447-1451 M)..
Kerajaan Kanjuruhan [images from google.co.id] Candi Badut di Karang Besuki, Tidar Malang
Kerajaan Kanjuruhan adalah Kerajaan bercorak Hindu yang berpusat di dataran yang bernama Dinoyo, di antara sungai Brantas dan sungai Metro di lereng sebelah timur Gunung Kawi.. Kerajaan yang sangat makmur ini diperkirakan berdiri sekitar abad ke-6 M.. Walaupun bukan merupakan jalur perdagangan yang ramai, Kanjuruhan tetap berkembang pesat dari sektor agraris.. Aktivitas utama masyarakatnya adalah bercocok tanam dan berkebun.. Bukti tertulis mengenai kerajaan Kanjuruhan adalah Prasasti Dinoyo yang ditulis pada tahun 682 Saka atau 760 M.. Peninggalan lainnya adalah Candi Badut dan Candi Wurung..
Kerajaan Singosari Candi Singosari di Desa Candirenggo Singosari
Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok pada 1222 M, berpusat di Singosari.. Singosari awalnya hanyalah sebuah Kadipaten di bawah kekuasaan Raja Kertajaya dari Kediri.. Kadipaten itu bernama Tumapel dengan Adipatinya Akuwu Tunggul Ametung yang kemudian direbut oleh Ken Arok.. Setelah menaklukkan Kediri, Ken Arok mengembalikan pusat pemerintahan di daerah Malang yaitu Singosari.. Singosari berkembang pesat selama 7 generasi hingga menguasai sebagian besar wilayah nusantara dan terkenal hingga manca negara.. Bahkan raja terakhir Singosari yaitu Raja Kertanegara mempermalukan utusan Raja Tiongkok Kubilai Khan yang meminta Singosari menyerahkan kekuasaannya.. Peninggalan sejarah kerajaan ini berupa candi antara lain Candi Kegenengan, Candi Jago, Candi Kidal dan salah satunya adalah Candi Singosari yang dibangun sebagai tanda pemuliaan Kertanegara, raja terakhir Singosari..


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...