Friday, January 16, 2015

Join the club

Saya baru sebulan terjun di TK Pelangi, dan pastinya banyak hal baru yang harus saya pelajari. Menjalankan sebuah lembaga pendidikan setingkat PAUD sekalipun ternyata tidaklah sesimpel yang saya bayangin. Banyak hal seperti sistem kelembagaan, metode pembelajaran, sarana dan fasilitas penunjang untuk kesuksesan pendidikan yang harus saya ketahui dan harus terus diperbaiki.

Saya bersyukur banget bisa mengikuti Pelatihan Kurikulum 2013 PAUD yang diadakan oleh IGTKI kota Balikpapan selama dua hari kemarin dan hari ini. Materi-materi yang diberikan benar-benar menarik dan sangat sesuai untuk anak-anak dan saya pengen menerapkannya di TK Pelangi untuk tahun ajaran baru 2015 nanti. Selama ini TK Pelangi masih menggunakan kurikulum 2006. Dengan pelatihan yang cukup, kurikulum PAUD tematik integratif dan saintifik dan bermain kreatif, pada dasarnya lebih mudah diterapkan dan lebih mengena ke anak-anak.

Di hari kedua ini kami praktek membuat media gelaran sentra bermain kreatif. Para peserta diharuskan mencari kelompok yang berasal dari TK lain agar membaur dan mengenal guru-guru dari TK dan PAUD lain di seluruh Balikpapan. Saya satu kelompok dengan guru-guru dari PLB lembaga pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berlokasi di Ringroad dan guru dari TK Tunas Bangsa KM 18 Karang Joang [wakwauuu jauhnya pang]. Saya sedikit bicara banyak ngantuk, yang kerja keras guru dari TK Tunas Bangsa aja si bikin big book sebuah buku pintar yang berisi satu konsep pembelajaran yang kemudian dikembangkan dengan berbagai cara pembelajaran. Gak mudeng ya? sama.

Dari bekerja kelompok hari ini, saya mendapat teman-teman baru, orang-orang luar biasa yang benar-benar mendedikasikan hidup mereka untuk pendidikan anak usia dini. Banyak hal positif yang saya peroleh dari obrolan dengan guru-guru kece tadi. Selain mendengarkan pengalaman mengajar yang amazing, pengalaman menghadapi berbagai macam karakter anak apalagi anak-anak berkebutuhan khusus, saya juga mendapat informasi tentang beasiswa S1 linear PAUD untuk guru TK atau PAUD, dan informasi tentang cara-cara untuk mendapatkan sertifikat profesi guru PAUD.

Untuk saya sendiri, berada di dunia pendidikan anak usia dini ini pastinya karena Allah yang menempatkan saya di sini. Dan kesempatan yang Allah berikan kepada saya tidak akan saya sia-siakan. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi pendidik yang profesional demi memaksimalkan potensi, bakat dan kecerdasan murid-murid di TK Pelangi dan terutama saya ingin ke depannya TK Pelangi bisa lebih berkembang lagi, murid-muridnya bisa tambah banyak, bisa membuka lapangan  pekerjaan lagi dan pastinya bisa mewujudkan kepengenan mertua, TK Pelangi berkembang dan menjadi lembaga PAUD yang lebih bonafid nantinya. Semoga Allah selalu memberkahi, merahmati dan melancarkan usaha kita semua aamiin. 


Basically, anak usia dini belajar melalui bermain

Harus ekspresif, guru-guru lagi menirukan dance gummy bear untuk membakar semangat [omigod]

Membuat big book, dengan tema buah-buahan [Alip pulang sekolah saya bawa ke TKP]


Efek kebanyakan kamera, jadi fokusnya ke mana-mana hehe

Yang megang kipas paling fabulous adalah Bu Yuliani Nurani gelarnya banyak saya inget belakangnya doang Kusumo wkwkwkk [penggemar warkop dki pst mudeng], beliau adalah penulis beberapa buku tentang pendidikan anak usia dini dan profesor PAUD di Universitas Negeri Jakarta.. Alhamdulillah for today Ya Allah :)


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...