Friday, May 10, 2013

Pangsit Mi khas Malang di Balikpapan


Saya dan suami saya udah hampir setahun ini jadi pelanggan tetap Bakso Malang yang satu ini. Di awal-awal saya makan di sini saya selalu pesan bakso aja walaupun di sini juga ada Mi Ayam, tapi saya gak pernah pesan mi ayamnya, karena saya mengira Mi ayam yang dijual di sini sama aja dengan mi ayam kebanyakan yang ada di Balikpapan, Mi Ayam Solo.

Hingga satu malam (halah) pas lagi nunggu pesanan bakso saya, gak sengaja saya mencium aroma mi ayam yang beda dari mi ayam yang lain. Saya langsung bilang ke suami saya "Pa, pangsitnya baunya kayak pangsit-pangsit yang di Malang." ternyata Pak Harianto, penjualnya, denger omongan saya dan orangnya bilang emang mi ayamnya bukan mi ayam Solo seperti yang lain, tapi mi pangsit Malangan. Gak pake nunggu besoknya dah, saya langsung pesan satu untuk percobaan. Dan subhanallah banget dari percobaan pertama itu saya langsung jatuh cinta (lebaaay) dengan pangsit Malang ini.

Orang Balikpapan mungkin bisa dengan mudah membedakan yang mana bakso Malang dan bakso Solo. Kalo bakso Malang tuh campurannya banyak selain mi sama pentol bakso, ada tahu putih, tahu goreng, siomay basah, siomay goreng. Kalo baksoo Solo ya pentol sama mi aja, kebanyakan kayak gitu, tapi kadang beberapa penjual bakso Solo menambahkan tahu goreng, tapi jarang banget ada.

Tapi kalo membedakan Mi Ayam Solo dengan Pangsit Mi Malang mungkin harus nyobain rasanya dulu baru tau bedanya, karena secara penampilan keduanya mirip banget. Mi rebus, sawi, pentol bakso dan potongan daging ayam dibumbu kecap. Pangsit mi khas Malang, memiliki citarasa cenderung asin gurih, rasa manisnya hanya berasal dari potongan daging ayamnya, kadang ayamnya juga gak terlalu manis. Kalau mi ayam Solo, citarasanya cenderung manis. Mungkin rasa manis mi ayam Solo bukan dari kuahnya tapi dari potongan daging ayam yang dibumbu manis dan bisanya dibubuhkan dengan kuah ayamnya yang pastinya juga manis.

Tapi Pak Harianto ini menyajikan mi pangsitnya bisanya udah dicampur kuah seperti mi ayam Solo, lengkap dengan pentol, tahu putih dan siomay basah dan kerupuk pangsit. Kalo saya dan suami, untuk dapet rasa Malangnya, bisanya saya minta mi pangsitnya gak dicampur sama kuahnya, atau kalo di Malang biasa disebut Mi pangsit kering kayak istri yang ditinggal kerja di lokasi, kering. hahahaha. Kuah sama siomay sama pentolnya dipisahin di mangkok yang berbeda.

Orang Balikpapan yang pernah tinggal di Malang seperti suami saya dan orang Malang yang sekarang tinggal di Balikpapan seperti saya (mbuleeeet), kadang kangen makan makanan khas Malang yang gak ada di Balikpapan. Makanya pas ketemu pangsitnya Pak Harianto ini, wuidiiih, senengnya minta ampun. Warung Bakso Palapa Pak Harianto ini tempatnya di Jl. Mekarsari No 26 (sampe hafal) di belakang Toko Utama. Monggo mampir yang lagi kangen Malang. (tumben postingan saya banyak tulisannya hehehehe)



3 comments:

  1. di daerah mana tepatnya sis, aku sreach di maps ternyata gak ada

    ReplyDelete
  2. wes tutup warunge mbak..... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukanya jam 5 sore sampe jam 10-11 malam gitu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...