Sunday, September 23, 2012

Why yes, Aku Cinta Indonesia

Hari ini bener-bener super fun day sama Mama Faza dan Mama Olla. Kami datang ke Pameran Pangan Nusa ke 7 di Lapangan Merdeka Balikpapan. Event kali ini dirangkai juga dengan Pameran Produk Dalam Negeri Regional. Sekaligus untuk menggalakkan program Aku Cinta Indonesia. Ya gitu de.

Produk yang dipamerkan cukup lengkap, mulai dari kerajinan khas daerah, produk rumah tangga, aksesoris dan pakaian, dan produk-produk yang tidak dijual di pasaran seperti alat untuk mengasah pisau yang belum pernah saya lihat di manapun. Alatnya unik banget, sangat memudahkan ibu-ibu di dapur yang pisaunya udah pada tumpul. Harganya 50rb, menurut saya agak mahal untuk benda sekecil itu.

Tapi ada juga hal yang saya sayangkan. Beberapa produk khas daerah yang berupa kerajinan harganya relatif mahal, menurut saya. Misalnya, kerajinan keranjang rotan kecil khas Dayak,  harganya 200rb. Hello, untuk barang sekecil itu, mungkin karena rumit bikinnya ya. Jadi saya maklum aja de.

Terus ada juga, baju-baju batik dibandrol 600rb/pcs. Yang bener aja, baju selembar 600ribu, itu pasti yang beli ibu-ibu pejabat aja ya. Kalau saya si, duit 600ribu bisa dapet banyak di Plasa Kebun Sayur. Hehehe. Besok adalah hari terakhir Expo Pangan ini. Yang belum datang, datang aja besok, siapa tau pengen beli baju batik seharga 600ribu yang ada di situ. Tapi gak peserta pameran menjual produk mereka dengan harga fantastis macam gitu, ada juga penjual yang menjual produknya dengan harga 15ribu-an, seperti gantungan kunci. Ya eeaalah, masa gantungan kunci mau dihargai 200ribu. :D
Photobucket
Photobucket
Kerajinan rotan khas Dayak, warna pada rotan yang berbeda-beda bukan hasil pewarnaan. Melainkan warna alami rotan setelah mengalami proses perendaman. Warna rotan hitam, didapat dengan cara membakar rotan sebelum dibuat kerajinan. Subhanallah..
Photobucket
I said "Ini yang namanya labu Ibu-ibu.."
Photobucket
Photobucket
Di stand Diversifikasi Pangan, di sini dijelaskan macam-macam alternatif olahan pangan dari bahan Ubi dan Jagung. Sesuai dengan istilahnya, diversifikasi yang artinya pengembangan pilihan atau alternatif lain. Hope you had a wonderful weekend as well. :)


2 comments:

  1. Hebat mbak. Salut sama konsistennya mbak nulis blog dan berbagi ceritanya. Semoga bisa terus konsisten.

    Irwan D. Nuryadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas Irwan, makasi, udah mampir :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...