Wednesday, December 28, 2011

Beloved East Coast: Tugu Australia Balikpapan

Tugu Australia ini didirikan untuk menghormati dan memperingati meninggalnya sekitar 229 tentara Australia dan New Zealand dalam peristiwa pertempuran membebaskan Pulau Kalimantan dari pendudukan Jepang di Balikpapan. Dan peristiwa itu sendiri diperingati setiap tanggal 25 April oleh warga Australia yang tinggal di Balikpapan. Mereka menyebut peristiwa pertempuran di pantai Strand Banua Patra Balikpapan ini sebagai Australian and New Zealand Army Corps (ANZAC) Day atau Hari Pahlawan Australia.

Hingga saat ini, setiap tahunnya, tugu yang masih dirawat dengan baik oleh Pemkot Balikpapan ini selalu ramai dikunjungi para keluarga veteran asal Australia untuk mengadakan upacara penghormatan atas perjuangan leluhur mereka, tentara Divisi ke 7 Autralia, yang melakukan operasi sekutu terakhir dalam Perang Dunia II.

Di sebelah kiri tugu ini terdapat plat yang sangat menarik untuk dibaca yang bertuliskan sejarah lengkap tentang peristiwa yang terjadi selama peperangan pada tahun 1945 silam di Balikpapan.

Peta Pulau Kalimantan, daftar kota-kota di Kalimantan yang menjadi titik-titik pertempuran waktu itu dan perkiraan jumlah orang yang meninggal baik itu dari pihak militer maupun masyarakat sipil.

Di sebelah kanan peta Pulau Kalimantan, cerita pertempuran Tentara Australia ini tertulis dalam bahasa Indonesia, di sisi yang satunya tertulis dalam bahasa Inggris.

Tidak semua warga Balikpapan mengetahui bahwa tugu kecil yang terletak di Jl. Jend. Sudirman di bundaran Lapangan Merdeka ini memiliki catatan sejarah yang begitu penting. Bukan hanya sebagai pelengkap untuk mempercantik kota, tapi lebih dari itu penghargaan bagi para pejuang dan orang-orang dulu. Dan ada nilai perjuangan dan kegigihan yang bisa diambil dari peringatan ANZAC Day yang tiap tahun digelar di sini..



2 comments:

  1. best post ever...and baru tau juga. Thanks udah share mbak :)

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah.. makasi mas adit.. ikutan lomba yuk, klik link blogger ngalam di atas tuh.. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...