Monday, August 08, 2011

(setan) mega visa saya

seorang teman pernah bilang "truth is like a debit card, pay first, enjoy later.. and lie is like a credit card, enjoy first pay later.." so damn right quote, don't you think?

hari ini saya ke bank mega untuk menyelesaikan pembayaran cc mega visa saya yang udah bikin saya suebel terus belakangan ini.. akhirnya saya tadi bertemu sendiri dengan orang dari bagian cc dan alhamdulillah mendapatkan penjelasan yang sejelas2nya mengenai cc mega visa yang saya pakai dan seluk beluk pembayaran dan blah blah blahnya.. tapi sebenarnya inti kedatangan saya tadi adalah saya tidak mau membayar dunning fee yang dibebankan kepada saya.. dan bermaksud menegosiasikan hal itu dengan pihak bank mega, tapi ternyata saya tidak memperoleh keringanan apapun yang saya minta (mau tidak mau saya tetap harus membayar sejumlah itu dan gak bisa ditawar)

sebenarnya ada negosiasi, ada 2 solusi yang ditawarkan bank mega kepada saya, kedua2nya intinya cc saya gak aktif lagi nantinya.. pertama, saya menutup cc saya, melunasi semua tagihan, tapi saya mendapat diskon atau keringanan dari semua total tagihan saya itu.. tapi diskon yang mereka tawarkan itu ya ampuuuun cuma 75rb rupiah aja, itupun adalah dunning fee yang lain yang mereka sebut collection fee karena saya udah terlambat membayar selama 3 bulan.. kalau cuma didiskon segitu dan kemudian kartunya mati, buat apa? mending saya lunasin tapi cc saya tetap aktif dan bisa saya pakai lagi sewaktu2, setelah masalah yang ini selesai tentunya..

yang ke dua, sama ya, ccnya mati, dan saya tinggal melunasi utang cc saya dengan cara mengangsur tiap bulan dari total tagihan saya yang sekarang tapi tidak dilakukan penghitungan bunga cc lagi dan denda2 lagi, tapi bunganya flat 1,5%, sampai berapa bulan terserah kita maunya berapa bulan dan sampai lunas (seperti orang yg mengangsur utang biasa) tetap saja berbunga, walaupun gak berbunga2 seperti bunga cc (bunga cc mega visa 3,6% tiap bulan).. kayaknya emang sengaja dibuat seperti itu biar cc-nya gak di-deactivate sama nasabahnya..

akhirnya saya "mengalah" dan saya lunasin aja semuanya tadi.. dengan hati yang lebih ihlas karena udah dijelaskan sama orang cc-nya sendiri.. dan ternyata "perampokan" (hahaha) yang dilakukan cc mega visa gak berakhir di situ, begitu saya udah selesai membayar di teller, collectornya (yang mau disebut debt collector) datang lagi, dan memberitahu saya kalau baru saja masuk lagi ke tagihan saya, collection fee sebesar 75rb lagi.. AAARGHH!! saya udah juengkel dan saya bilang ke orang ccnya kalau saya gak mau bayar gimana? katanya dia, kalau saya tidak mau membayar sekarang 75rb ya gakpapa tapi bulan depan udah ketambahan bunga lagi 3,6%, jadi malah banyak lagi.. uugh, akhirnya saya ke teller lagi dengan hati gondok.. tapi kalau dipikir2 saya lega banget kok, Alhamdulillah sekarang tagihan cc mega visa saya insha Allah benar2 0 rupiah..

jadi kesimpulan saya, kalau mungkin di luar sana banyak nasabah cc mega visa yang mengalami hal serupa dengan saya.. pertama, jangan bermimpi kalau bank akan membiarkan begitu saja nasabahnya yang tidak mau membayar dengan alasan apapun (kesalahan pihak bank misalnya), karena kita gak lagi ngomong sama saudara kita, sama suami kita yang mungkin merasa iba dan kasihan dan kemudian mau berbaik hati sama kita.. mending kalau udah berurusan dengan tagihan cc, cepet2 dilunasin aja, karena membayar hanya sejumlah minimum payment cuma akan menambah bunga dan bunga berbunga lagi dan berbunga lagi gak akan pernah lunas.. lagipula gak membayar di dunia, nanti ditagih di akhirat lebih ngeri loo..

kedua, kalau emang tidak menerima billing seperti saya, ya udah mengalah aja datang ke cs minta diprint-kan tagihan.. dan kalau mau membayar via atm bank lain, usahakan jauh2 hari sebelum jatuh tempo karena akan ada proses pengalihan dana dari bank lain ke bank mega yang memakan waktu 3-4 hari.. kalau jatuh temponya tanggal 27, dan transfer tanggal 26 sekalipun tetap akan kena dunning fee karena dana kita sampai ke bank mega tanggal 30-31, atau bahkan lebih lambat..

it's a very hard test that I have to pass in this Ramadan.. but I'm thankful, Subhanallah Alhamdulillah I"M FREEEEEEEEEEE NOW!!! dan saya senang dengan predikat saya sekarang "TIDAK PUNYA UTANG" di bank mega......



20 comments:

  1. menurut saya,, seharusnya mba' biarkan saja itu Karena saya pengalaman di bidang itu. setelah di biarkan maka pada satu saat mba' akan di berikan discount hingga 40 & 50%.

    ReplyDelete
  2. wiii.. beruntung banget tuh.. gak papa de, tapi sekarang saya udah lega, yg saya gak mau tuh kejadian beberapa orang di forum yg saya baca, setelah mangkir ga mau bayar yang terjadi malah hutangnya tambah numpuk dan tetap harus ngelunasin semuanya.. fiuuh..

    ReplyDelete
  3. Sy membaca posting2 anda tentang CC bank Mega hari ini tanggal 23 feb 2012 , dan bank mega dengan cc nya masih dan mungkin akan selalu seperti itu. Saya jg mengalami keterlambatan tagihan,angka2 ajaib nan fantastis yg muncul serta keterangan CS yang ga jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti itulah bank mega.. tapi ya sudahlah, I forgive myself for being stupid.. :/

      Delete
    2. betull sekali klo masalah billing selalu terlambat, tp untuk angka-angka ajaib alhamdulillah belum saya alami dan janga sampai..

      Delete
  4. Sumpah sama persis kejadian diatas sama dengan yang saya alami,,,,
    Q ndak bakal pakai CC Bank Mega lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. cc saya masih aktif, tp udah lama g sy pake. :D

      Delete
  5. saya juga mengalami hal yang sama, skrang ja saya da kena dua kali dunning fee sebesar Rp. 75.000,- dan Interest charge sebesar Rp. 11.000,-.
    Tadi saya tlp customer service kartu kredit dngan nama Robby, alasan na krn saya mengalami keterlambatan pembiayaan dan krn mba bayar dr bank BNI maka baru sampai ke bank mega na 3-4 hari. Trus saya disuruh bayar dulu tagihan na, baru s'tlah membyr saya dsuruh tlp lg ke CS na. Kt mereka nanti uang yg dunning fee n intrest charge yg saya byr akan dganti dgn cara pemotongan biaya dibulan brkut na. Tp saya liat tagihan saya dibulat berikut na, tdk ada pemotongan biaya. Saya tlp lg ke CS na jwban mrk ngalor ngidul. Saya akan coba saran mba yg mengatakan hrs bayar jauh2 hari seblm jatuh tempo. Mudah2an ja sdh ta ada lg duning fee n bunga na yg bikin orang bank perut buncit krn uang haram...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ria, sampe sekarang cc kredit saya masih aktif, yg penting udah tau cara menghindari hal2 yang mungkin akan merugikan nasabah. I'm dealing with it now.. :D

      Delete
  6. wah koment soal ini saya mah udah maki2 pake kebon binatang semua debt collection dan cs mega. dan akhirnya dunning fee dan interest saya di hapus. saya pernah di bodohin. dikatakan transfer lain bank memakan waktu 3-4hari. itu bohong besar!!!! mega dengan bca adalah satu link sama2 di link prima jadi kedua bank itu online 100%. hari in bayar lsg sampai ke mega. tinggal mereka saja yg malas posting (mindahin) dana nya ke acc kartu kredit (padahal bank lain sudah otomatis) jadi yg ngeluh diatas udah pada di bohongin ama mega dengan bla bbla nya.... jangan pernah takut dengan debt collection secara resmi hutang piutang kartu kredit tidak mempunyai dasar hukum . semua peraturan perjanjian adalah sepihak dan itu melanggar peraturan perjanjian yang ada di indonesia. perjanjian di kartu kredit adalah sepihak berbeda bila kita kredit lain spt kpr/modal kerja yang mana perjanjian mengikat dibuat kedua belah pihak dan memiliki kekuatan hukum tetap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agree with u om, klo qta punya dasar hukum yg kuat, ga perlu takut..

      Delete
  7. tanya saya kalo ada masalah kartu kredit 2a3aee40

    ReplyDelete
  8. Saya ngalamin kurang lebih sama dgn mbak di atas dan mmg pd kenyataannya tuh bank emg kyk gt (kurang ajar). Thanks mbak utk infonya..

    ReplyDelete
  9. waaaaaaaaaah bank mega memang mengerikannn... Huft...

    ReplyDelete
  10. Bank megaa,bank setannn itu..jgn mao apply kk bank mega..nasabah ud meninggal aja,bunganya masih jalan truss..sadisss gilaaa tu bank.hati2 jgn terjebak.

    ReplyDelete
  11. bayar tepat waktu dong biar aman.

    ReplyDelete
  12. ini namanya kejahatan perbankan yang harus ada undang2nya...bank tsb meraup keuntungan dg cukup banyak.....

    ReplyDelete
  13. aduh jadi takut neh, soalnya ak jg bayar via ATM bank lain :(

    ReplyDelete
  14. bank setan iblis

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...