Tuesday, February 01, 2011

Tempat2 yang you might need to know di Kab.Paser Kaltim

Dulu denger nama Paser atau Penajam rasanya aneh banget, kapan ya aku bakal lihat tempat2 itu, sekarang gak cuma udah lihat aja, udah mblenger malah hahaha..
Kabupaten Paser adalah kabupaten di wilayah Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan wilayah Propinsi Kalimantan Selatan yang kebetulan aku lewatin maksudnya, ibukotanya adalah Tanah Grogot (yg ini aku belum pernah lihat, kalo ke Tanjung gak lewat si).. di Kabupaten Paser ini ada beberapa tempat yg menurut aku amazing dan exotic yg I'd love to share di sini..
Go Green de.. =D
bekas ditebangin pohonnya..

Yang ini bukan amazing tapi depressing, kerusakan hutan di sepanjang jalan..
Yang pertama adalah Tebing Gunung Meliat di desa Batu Butok di Kecamatan Muara Komam, tebing ini ada di sepanjang sisi kiri jalan raya kalau mo ke arah Balikpapan.. pokoknya unspeakable deh tebingnya, keren buanget.. tebing ini juga jadi favorit para pecinta alam, pendaki dan pemanjat tebing dan orang2 kurang kerjaan lainnya (LOL) untuk melakukan pendakian.. sayang belum sempet moto tebingnya..
Batu Butok Muara Komam kab. Paser Kaltim
Setelah Batu Butok ada Batu Kajang, di sini ada salah satu tambang batubara yang cukup memberikan kontribusi dalam pengrusakan hutan di wilayah Kalimantan Timur hehehe ^^V
Suasana di Batu Kajang
Yang paling bawah, gambar tangki air sumbangan dari Kideco untuk masyarakat sekitar, tiap rumah dapet satu tangki dan dijatah air bersih secara berkala.. ya semacam tanda kekeluargaan gitu kali ya antara Kideco dan masyarakat lokal.. hahahahaha
Abis Batu Kajang ada yang namanya Gunung Rambutan yang kita lewatin, di Gn. rambutan ini kita bahkan nyampe puncaknya lo, di sisi kiri jalan beberapa puluh meter sebelum puncak gn. rambutan ada air terjun gunung rambutan yang lumayan keren.. =)
Air Terjun gunung Rambutan, jepret sekenanya.. haha
Puncak Gunung Rambutan, kalau gak pas mendung bisa keliatan laut nun jauh di bawah..
Turun dari Gunung Rambutan terus ada lagi tempat yang menarik menurut saya, yaitu Kuaro, Kuaro ini pas ada di tengah2 jalur Kalsel-Kaltim, kalau mau ke Tanah Grogot atau ke Kotabaru dari Tanjung harus lewat Kuaro dulu, jalan satu2nya yang terdekat kayaknya.. aku juga belum pernah tau.. haha.. selain itu di perempatan Kuaro ini ada Warung Gandul yang terkenal banget.. dan ada objek wisata Air Terjun Doyam Seriam dari Gunung Bule, tepatnya di desa Modang Kuaro..
Tugu di Tengah2 perempatan Kuaro
suasana Kuaro, ini jalan yang mengarah ke Tanah Grogot
Tumpukan kelapa sawit macam ni ada di depan rumah2 warga di kab. Paser, selain terdapat tambang batubara kab. Paser juga penghasil kelapa sawit, jadi lengkaplah penyebab kerusakan hutan di Paser, tambang batubara dan ekspansi perkebuan sawit.. ^^V
Yep, itu beberapa tempat yang lucu2 yang selalu aku lewatin kalo dari Tanjung mo pulang ke Balikpapan..

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...