Saturday, October 02, 2010

Timung, Spa Tradisional Masyarakat Banjar

Rempah Timungan Asli Kalimantan Selatan [image from google.co.id]

Pertama kali denger kata timung tuh pas di Balikpapan, di deket rumah ada salon kecantikan yang menawarkan perawatan timung ini.. Apaan tuh timung? Terus dijelasin de ama my mom in-law yg gaool getoo.. :D

Timung atau kalo orang Banjar biasa nyebutnya Batimung berasal dari bahasa Banjar Kulua artinya adalah tradisi mandi uap ala orang Banjar, yang sudah diwariskan secara turun temurun untuk menghilangkan keringat dan untuk kesehatan..

Awalnya batimung hanya dilakukan oleh pasangan yang mau menikah dan merupakan suatu keharusan.. Dan pastinya sangat sederhana dan tradisonal.. Tapi seiring berjalannya waktu, batimung dilakukan oleh siapapun dan kapanpun sebagai terapi untuk kesehatan dan kecantikan.. Dan sekarang sudah banyak salon kecantikan yang menawarkan perawatan timung ini dan tentunya dengan peralatan yang lebih modern..

Biasanya, sebelum ke perawatan utamanya yaitu mandi uap, kita akan dilulur dengan menggunakan rempah2 timung asli Kalimantan Selatan.. Beberapa macam rempah dan akar2an yang dipakai memang hanya bisa dijumpai di Kalimantan Selatan.. Rempah2 ini akan meresap ke dalam kulit dan konon diyakini bisa menyembuhkan penyakit.. Dan wangi dari rempah2 ini bisa bertahan di kulit kita bahkan sampai beberapa hari.. Udah wangi, segar, dan lebih sehat lagi.. :))



3 comments:

  1. mba...tau tempat timung di balikpapan dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu di jalan mekarsari belakang toko utama ada mbak, tp skg kyknya udah gak ada. tempat lainnya ak gak tau.. :)

      Delete
    2. di kelandasan tuh, gang samping gedung dpr yg ada jualan bingka kentang

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...