Monday, October 04, 2010

Beloved East Coast: Hunny Bear of Balikpapan

Bobo siang dulu ya..

Pasti belum banyak yang tahu juga kalau ternyata hutan2 di Balikpapan adalah habitat asli Beruang Madu.. Beruang Madu adalah beruang terkecil dari beberapa jenis beruang yang ada di dunia.. Dan beruang madu yang ada di Balikpapan yang juga merupakan maskot kota ini, adalah jenis yang paling kecil.. hemm imut2 maxudnya.. :)

Di Hutan Lindung Sungai Wain, tepatnya di KM 23 Jl. Sukarno-Hatta Balikpapan, selain masih hidup di alam bebas, beruang madu juga ditangkarkan di sini, karena jumlah populasinya yang semakin menurun.. Selain beruang madu sebenarnya masih ada beberapa spesies binatang yang menghuni kawasan hutan lindung ini..

Selain madu, beruang madu juga suka buah2an.. Selain itu beruang madu juga makan berbagai jenis serangga seperti rayap dan ulat kumbang yang hidup di kayu lapuk.. Beruang madu menggunakan kuku depannya yang terpanjang untuk mencari makanan..

Di Eropa, beruang madu dikenal dengan nama Sun Bear, berarti beruang matahari.. Berasal dari tanda dada yang seperti warna kuning, matahari. Beruang madu kini merupakan hewan langka, karena sering diburu oleh manusia, untuk dijadikan hewan piaraan atau koleksi.. Dan di Balikpapan sendiri, populasi binatang ini juga makin mengkhawatirkan..



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...