Thursday, October 14, 2010

Meerkat, Possum dan Sloth

Ternyata aku salah kira tentang 3 binatang yang aku sebutin di atas.. Aku kira mereka satu keluarga, ternyata tidak, kalo Sloth dan Meerkat mungkin (aku gak tau), tapi Possum, completely different.. Kita ulik yuk.. Meerkat
Disebut juga Suricate, habitat aslinya di Gurun Kalahari, di Boswana, dan di Afrika Selatan.. Binatang ini hidup berkoloni atau berkelompok yang untuk Meerkat ini biasa disebut "Klan" atau "Gang".. Satu klan Meerkat bisa mencapai 20 ekor, tapi untuk kelompok yang lebih besar bisa mencapai 50 ekor bahkan lebih.. Usianya bisa mencapai 12-14 tahun..
Possum
Spesies marsupial ini habitat aslinya di hutan2 Australia, Papua Nugini dan Sulawesi, tapi sekarang juga mulai menyebar sampai ke Selandia Baru dan Cina.. Possum juga ditemukan di Amerika Barat, dan disebut Opossum Virginia.. Binatang berekor panjang (digunakan untuk menggantung badannya saat tidur) ini termasuk binatang nocturnal, biasa makan daun2 eucalyptus, serangga dan nectar bunga..
Sloth
Tadinya binatang yang biasa kita sebut kukang ini aku kira masih keluarga luwak, ternyata lain.. Sloth termasuk dalam ordo primata, si pemalas (bergeraknya sangat lambat) yang habitat aslinya di hutan tropis Indonesia ini menyukai semak2 dan rumpun bambu sebagai tempat tinggalnya.. Warna rambutnya (kita sebut bulu) beragam, ada yang putih keabu2an, bergaris2, ada yang coklat.. Binatang ini sangat lucu sehingga sering diburu untuk dijadikan binatang peliharaan.. Sloth di Indonesia, ditemukan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.. Ditemukan juga di beberapa negara lain di Asia Tenggara.. Eh, tapi jangan salah kira lagi Sloth yang "Kukang" ini lain dengan "Three-Toed Sloth" (si Sid di Ice Age) yang ada di Amerika atau Afrika.. :)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...