Friday, October 08, 2010

Kerajaan Tanjungpuri, Asal Muasalnya Kota Tanjung Tabalong

Salah satu peninggalan Kerajaan Tanjungpuri

Sebenarnya banyak versi sejarah tentang Kerajaan Tanjungpuri yang merupakan cikal bakal kota Tanjung (pusat pemerintahan Kabupaten Tabalong) Tabalong.. Menurut salah satu sumber, Kerajaan Tanjungpuri ini didirikan oleh orang2 Melayu yang bermigrasi dari Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera pada sekitar abad ke-4 M.. Para imigran yang memiliki budaya lebih tinggi daripada penduduk lokal (suku Dayak) pada saat itu, mendirikan pemukiman di daerah pesisir Sungai Tabalong..

Mereka kemudian berbaur dan melakukan perkawinan dengan penduduk setempat, perpaduan dari Suku Melayu dan Suku Dayak inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Suku Banjar di Kalimantan Selatan.. Semakin lama perkampungan mereka semakin ramai dan kemudian berkembang menjadi sebuah kerajaan kecil bernama Kerajaan Tanjungpuri di pesisir sungai Tabalong, Tanjung Tabalong..

Sementara itu sumber lain menyebutkan, Kerajaan Tanjungpuri adalah kerajaan yang sama dengan Kerajaan Kuripan atau Kerajaan Nan Serunai (atau Kerajaan Nan Serunai berada di bawah kekuasaan Kerajaan Tanjungpuri) di Kalimantan Selatan.. Kemudian kekuasaan yang semula dipegang oleh orang lokal diambil alih oleh dinasti baru dari Kerajaan Dipa yang berdarah Majapahit.. (hemm nyambung ke mana2 ya)

Jadi begini ceritanya, pada saat Kerajaan Tanjungpuri mulai berkembang pesat dan merupakan daerah perdagangan yang ramai dan rakyatnya hidup dalam kemakmuran bahkan konon menurut cerita, dinding2 istana kerajaan berlapis emas saking makmurnya, pada saat yang sama Kerajaan Majapahit di Jawa sedang berusaha menancapkan kekuasaan ke seluruh Nusantara.. Adalah Maha Patih Gajah Mada (1313-1364 M) dari Kerajaan Majapahit bertekad untuk mempersatukan Nusantara dan dikenal dengan sumpahnya Sumpah Palapa (sumpe Lo?)..

Pada tahun 1356 M Majapahit melakukan serangan pertamanya ke Kerajaan Tanjungpuri, tapi gagal karena Kerajaan Tanjungpuri bekerjasama dengan Kerajaan Nan Serunai menghadapi serangan itu.. 2 tahun kemudian pada tahun 1358 M, Majapahit kembali menyerang Kerajaan Tanjungpuri, tapi karena sama2 kuat akhirnya kedua Kerajaan memutuskan untuk tidak meneruskan peperangan (peace man!).. Tapi Kerajaan Tanjungpuri mengalami kehancuran yg cukup parah, infrasrtuktur kerajaan banyak yang rusak.. Akibatnya Kerajaan Tanjungpuri menjadi lemah dan sepi dari perdagangan.. Dan pusat pemerintahan yang tadinya di Tanjung dipindah ke daerah Kuripan (Amuntai) dan kemudian lebih dikenal dengan nama Kerajaan Kuripan dan kemudian menjadi Kerajaan Dipa..



5 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...