Tuesday, October 26, 2010

Beloved East Coast: Kalimantan, Indonesia's Part of Borneo Island

Pemandangan Balikpapan dari Gn. Dubbs (jepretan sendiri bo!!) :D

Kalimantan always excite me.. It does.. Kalimantan disebut juga Borneo, tapi sebenarnya Kalimantan lebih mengacu ke wilayah NKRI, maksudnya, Pulau Kalimantan itu terdiri dari 3 wilayah negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.. Secara keseluruhan satu pulau ini disebut Borneo, yang masuk wilayah Malaysia adalah Sabah dan Serawak, kemudian Brunei Darussalam, dan Borneo yang masuk wilayah NKRI, biasa kita sebut Kalimantan (sebutan Kalimantan hanya digunakan oleh orang Indonesia) yang terdiri dari East Kalimantan, South Kalimantan, Central Kalimantan dan West Kalimantan.. Begitu, jadi kalau kita ke luar negeri dan menyebut kata Kalimantan belum tentu semua orang tahu..

Sebenarnya baru sekitar Kaltim, dan sedikit Kalsel yang benar2 pernah aku datangi dan lihat sendiri.. Pertama kali datang ke Balikpapan tahun 2007, wow, that city was so awesome.. Walaupun gak langsung jatuh cinta (aku adaptasi dulu dengan panasnya yang ngaudzubile itu) tapi seiring aku tinggal di sana, nemuin hal2 yang gak pernah aku jumpain di Jawa, bener2 bikin aku "aku bisa tinggal di sini"..

Know what, awal2 di Balikpapan tuh aku kaget ngeliat motor2 diparkir di pinggir jalan gitu aja, kebetulan rumah mertuaku masuk gang, di pinggir2 jalan di sepanjang gang orang biasa memarkir motornya gitu aja, gak takut hilang atau dicuri kayak yang sering aku dengar di Malang, sedikit2 motor hilang.. Bahkan malam hari pun mereka tidak memasukkan motor mereka ke rumah.. Dari situ aja bisa dilihat kalau Balikpapan tuh kotanya aman, angka kriminalitas sangat rendah dan pastinya penghasilan penduduknya juga cukup besar..

Tapi sekarang ini aku juga mulai kuatir dengan Balikpapan, ruang hijau di kota udah sangat berkurang, banyak mall2 dan apartemen dibangun di sini.. Banyak banget de pokoknya, maksudku, untuk kota kecil kayak Balikpapan.. Aku sebutin aja ya, BC, BTC, BSB meliputi apartemen, hotel dan e-walk, Plasa Balikpapan Permai, Mall Fantasi, Plasa Rapak, Plasa Kebun Sayur, Gajah Mada Dept Store yang baru di Gn. Malang dan yang baru mau dibangun di ex-puskib Gn. Sari Ulu.. Belum lagi bangunan hotel2 dan apartemennya.. Banyak banget'kan..??

Terus tentang wacana pemindahan ibukota negara ke kota Palangka Raya, sebenernya tadinya biasa2 aja, tapi tadi pas lihat berita banjir di Jakarta, aku agak miris ngebayangin tahun2 berikutnya ibukota yang baru ini pun bakal menjadi Jakarta ke dua yang macet, semrawut, kacau.. Jadi agak2 gak rela kalo ibukotanya mau dipindah ke pulau Kalimantan.. Kalimantan sendiri udah mulai "sakit" kerusakan di mana2, dan yang baru saja terjadi, banjir bandang di Haruai Tabalong (sekitar 30-40 menitan dari Tanjung tempat aku tinggal sekarang), itu adalah indikasi dan bukti nyata kalau hutan2 di perbukitan sekitar Gunung Meratus juga udah mulai gundul... (sighs)

Makanya kalau benar dan jadi dipindah ke Palangka Raya, semoga pemerintah kita benar2 bisa memperbaiki keadaan Indonesia.. Jangan malah kota yang tadinya baik2 aja jadi kacau, banjir juga, macet.. Peraturan harus benar2 ditegakkan di ibukota yang baru ntar.. Buang sampah sembarangan, bakal dapat hukuman penjara 15 tahun, atau denda 1 trilyun.. Terus, saluran pembuangan air juga harus dibuat betul2 biar gak banjir lagi di kemudian hari... Semoga yang terbaik2 aja de buat Indonesia.. :)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...