Monday, September 27, 2010

Save Our Forest Of Kalimantan!!

Orangutan, Satwa Asli Kalimantan
Aku nulis ini karena aku melihat dengan mata kepalaku sendiri bagaimana kerusakan hutan di Kalimantan ini semata2 karena ulah manusianya sendiri... Tiap kali pulang ke Balikpapan dari Tanjung Tabalong, pemandangan yang cukup bikin aku menarik napas panjang selalu terlihat (kalaupun ada upaya reboisasi, berapa tahun lagi untuk bisa kembali pulih) aku gak tau pasti si, tapi kayaknya ngerusaknya jauh lebih cepet daripada numbuhin lagi pohon2 yang udah dibabat habis itu..
Menurut sebuah lembaga peduli lingkungan hidup Save Our Borneo (SOB), kerusakan hutan di Kalimantan 80% disebabkan ekspansi perkebunan kelapa sawit oleh perusahaan2 besar, 20% sisanya oleh pertambangan dan transmigrasi..
Dan menurut survei yang dilakukan oleh SOB, laju kerusakan hutan tercepat terjadi di Kalimantan Selatan, dibanding propinsi2 lain.. Menurut SOB lagi, tercatat seluas 66,3 ribu hektare hutan musnah per tahun dari total luas wilayah hutan sekitar 3 juta hektare.. penyebab utamanya karena pembukaan pertambangan batubara (dilema) dan perkebunan kelapa sawit... (sighs) Dan yang paling parah lagi sebagian lahan yang menjadi kawasan pinjam pakai oleh perusahaan pertambangan batu bara itu adalah masuk dalam katagori hutan lindung.. Wow!! kok bisa ya? Dinas Kehutanan kok ngijinin ya..?
Sekarang tentang illegal logging, hemm pasti udah akrab banget'kan di telinga kita.. Illegal logging juga merupakan salah satu penyebab kerusakan hutan di Kalimantan.. Kalimantan sebagai pulau terbesar di Indonesia memiliki kekayaan hutan yang melimpah terutama hasil hutan.. Kekayaan hutan tersebut di mata pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab merupakan suatu kesempatan untuk mengeruk keuntungan bisnis sebesar-besarnya dengan menebang pohon-pohon besar yang berasal dari pulau Kalimantan, dan memang kayu-kayu dari pohon di hutan Kalimantan memiliki kualitas yang bagus menurut pasaran dunia... Sebenarnya banyak sekali kasus illegal logging yang sampai ke meja hijau, tapi sangat sedikit tokoh2 besar yang menjadi dalang kasus2 itu yang benar2 mendekam di penjara.. Dan kalau dibiarkan terus praktek illegal logging ini hutan2 di Kalimantan akan habis tak bersisa.. Dan bahwa Kalimantan adalah Zamrud Khatulistiwa hanya akan jadi dongeng untuk anak cucu kita.. Aduuuh jangan sampe de...


4 comments:

  1. that's why we need to struggle for it..

    ReplyDelete
  2. tmen ane ko ada di stu gan .....

    jamal kpn balik ke jawa
    kangen nhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, temennya yg suka gelantungan di pohon y?

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...