Tuesday, September 28, 2010

Nasi Gandul, Makanan Khas Kota Pati

Nasi Gandul
Dulu banget aku udah pernah lihat di TV, di acara wisata kulinernya Pak Bondan.. Sampai suatu hari pas pertama kali roadtrip ke Tanjung Tabalong, kakakku bilang di Kuaro Paser Kaltim ada warung Gandul yang terkenal.. Jujugan orang yang abis jalan darat dari Tanah Grogot maupun dari arah Kalsel.. Wah.. aku langsung excited banget.. Soalnya udah pernah lihat, kayaknya enak banget..
Ni foto di Warung Gandul Kuaro, Paser Kaltim
Nasi Gandul tuh sebenernya simpel banget, cuma nasi putih disiram kuah santan ditambah potongan daging sapi.. Aroma kuahnya lain dengan kuah2 santan lainnya, aromanya gak eneg, dan aroma rempahnya wangi banget bikin orang ketagihan.. Biasanya di meja udah disediain juga lauk tambahan tempe goreng, tahu goreng dan jeroan sapi, ada babat goreng dan paru.. Kalo aku gak boleh ketinggalan paru sapinya.. Aku sendiri bisa ngabisin ampe 3 potong sekali makan..
Konon asal mula nama gandul karena sewaktu disajikan nasinya gak langsung ditaruh di piring.. Tapi piringnya dialasi dulu sama daun pisang lalu disiram sama kuahnya yang banyak, jadi nggandul alias mengambang... :)


4 comments:

  1. Mbak, RM ini berapa jauh kalau dari Petung?

    ReplyDelete
  2. boleh tahu alamatnya donk atau kalo gak petanya.... makasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di perempatan Kuaro, sebelah terminal Kuaro, the one and only kok mas, pasti ketemu. Mungkin uda ada di google map. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...