Wednesday, September 29, 2010

Cemilan Khas Kaltim Part I

Amplang Kuku Macan
Jalan2 ke Balikpapan atau Samarinda gak lengkap rasanya kalo gak bawain jajanan yang satu ini sebagai buah tangan "amplang".. Amplang ada dua macam, yang biasa dan satu lagi biasa disebut kuku macan, dinamai kuku macan karena bentuknya memang mirip seperti kuku macan seukuran ujung jari dan meruncing di kedua ujungnya.. Dan biasanya kuku macan dilengkapi irisan bawang putih..
Konon amplang adalah makanan tradisional negeri Sabah di pesisir Pantai Tawau dan Sandakan Kalimantan Timur, dan dikembangkan oleh wanita2 dari keluarga nelayan di sana.. Awalnya amplang hanya dibuat dari ikan Tengiri.. Sekarang amplang lebih banyak menggunakan ikan Pipih dan ikan Belida sebagai bahan dasarnya dicampur dengan tepung dan bumbu rempah dengan aroma yang khas.. Rasanya yang gurih dan enak membuat cemilan ini jadi primadona bagi pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Timur.. Abon Kepiting
Terus ada lagi yang wajib dibeli kalo jalan2 ke Balikpapan, Abon Kepiting.. Makanan berbahan baku kepiting ini pastinya mengandung protein yang cukup tinggi dan rasanya pastinya enak dan gurih, karena diolah dengan campuran bumbu2 bawang putih, bawang merah, santan dan rempah2.. Abon Kepiting juga udah mulai dipasarkan ke kota2 besar lain di Indonesia..


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...