Tuesday, August 19, 2014

curious walking

7 tahun tinggal di Balikpapan, baru tau kalo Kampung Air ternyata lokasinya persis di belakang Pasar Pandasari. Saya ke Pasar Pandansari tadi siang untuk ngebandingin harga-harga di sini sama di Pasar Baru. Dan rumor tentang harga di sini yang jauh lebih murah dibanding harga di pasar-pasar lain di Balikpapan ternyata emang beneran. Tapi bukan itu yang mau saya ceritain sekarang.

Saya belum pernah ke Pasar Pandansari yang bagian belakang. Beberapa kali ke pasar ini biasanya cuma di depan-depan aja. Tadi kebetulan lewat jalan yang belum pernah saya lewatin. Sekitar lima menit sebelum sampai di pasarnya, saya melihat jembatan yang kayaknya mengarah ke laut. Saya langsung penasaran jembatan itu ke mana arahnya. Tapi saya gak langsung belok karena masih ada misi survei ke pasar. Tapi akhirnya surveinya malah gak fokus, karena saya udah ngebet pengen jalan di jembatan yang saya lihat tadi. Begitu dapet info harga cabe, bawang merah dan beberapa harga bahan-bahan lainnya saya langsung cuss balik arah. Mudah-mudahan penjualnya gak keberatan saya cuma survei tadi siang hehe...

Jembatan yang saya lihat tadi ternyata adalah salah satu bagian Wisata Kampung Air dan Hutan Mangrove Margasari Balikpapan Barat. Jembatan beton ini  berada di tengah-tengah antara pemukiman warga dan kawasan hutan mangrove Margasari. Walaupun matahari lumayan terik tadi sore, dan Alif sempet rewel karena kepanasan tapi karena belum pernah ke sini ya gak apalah ngebujuk-bujuk Alif sambil nyempet-nyempetin njepret ngambil beberapa foto pemandangan di sini.


Hutan mangrove dan pemukiman warga atas air di Kelurahan Margasari ini lokasinya berdekatan dengan Kilang Minyak Pertamina. Warga di sini juga mendapatkan pelatihan penyelamatan diri dari Pertamina seandainya sewaktu-sewaktu terjadi kebakaran di kawasan ini.


Gazebo-gazebo yang diberikan Pertamina untuk warga di sepanjang jembatan




4 comments:

  1. bisa dipanjangin nih mbak ceritnya ttg kisah hidup warga dekat kilang minyak pertamina heheheh #curious

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ttg serunya tinggal di kampung air :D

      Delete
  2. Aq yo 7 tahun...tp belum pernah ke kampung atas air pandansari...terlaaalu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...