Friday, August 15, 2014

Celoteh Alif

Saya gak bisa nahan ketawa tadi siang pas ada tetangga kami, Mbah Manan datang ke rumah mencari bapak mertua saya. Kebetulan Alif sedang bermain di teras. Saya lagi di kamar surrounded by two loads of laundry [phew]. Saya dengar percakapan antara Mbah Manan yang orang Jawa ini sama Alif.
"Mbahkungnya udah pulang Le?" | "udah." [padahal kukungnya belum pulang] | "Tidurkah Le Mbahkungnya?" | "ndak, di belakang lagi bikin roket..."

Tertawa saya langsung meledak denger kalimat Alif. Dan buru-buru ke luar untuk menemui Mbah Manan, dan langsung saya jawab pake bahasa Jawa halus. Karena Mbah Manan ini tahu kalo saya dari Jawa dan biasa ngomong pake bahasa Jawa kalo sama saya. Dan Alhamdulillah sebentar kemudian bapak saya datang sebelum Mbah Manan keburu pergi.

Di kamar saya tanyain Alif kenapa ditanya Mbah Manan kok jawabnya Kukungnya bikin roket. Alifnya malah gak berhenti tertawa juga ngetawain jawabannya yang absurd itu.

Ada satu hal lagi yang ditanyakan Alif ke saya tadi sore. "Mah, kenapa Mbahnya manggil Alif 'Le'? Emangnya Alif "Lele'" yang jualan-jualan..?"

Nih kalo bukan orang yang tinggal di Balikpapan pasti juga gak ngerti. Di Balikpapan sebutan untuk orang-orang yang berjualan keliling adalah "Lele'". Dulu awal saya tinggal di sini, saya ngiranya "Le'" itu kependekan dari "Paklek" karena para Lele' emang kebanyakan laki-laki. Tapi ternyata Le' itu kependekannya "Lele'".

Saya jelasin ke anak saya "Le" yang dibilang Mbah Manan tadi itu sebutan untuk anak laki-laki di Jawa. Kan Mbahnya orang Jawa. Alhamdulillah Alifnya udah mengerti sekarang. Biar gak miskomunikasi lagi kalo dipanggil "Le" sama yang lain. xo

Alif di sekolah, nih anak gak kayak saya, gak suka difoto


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...